Ilmu Ekonomi

Ilmu Ekonomi UP bertujuan untuk menjadi pusat pengembangan ilmu ekonomi khususnya di bidang energi dan lingkungan yang mampu menghasilkan publikasi ilmiah dan lulusan berdaya saing dengan standar internasional. Fokus tersebut didasarkan pada kebutuhan pasar akan energi konvesional, baru, dan terbarukan.

Tentang Program Studi

Program Studi Ilmu Ekonomi Universitas Pertamina memiliki visi sebagai pusat pengembangan ilmu ekonomi khususnya di bidang energi dan lingkungan yang mampu menghasilkan publikasi ilmiah berstandar internasional dan lulusan berdaya saing global. Program studi ini berfokus pada pembelajaran berbasis energi dan lingkungan dengan menggunakan prinsip dan teori ekonomi.

Untuk meningkatkan kualitas lulusan, mahasiswa akan dibekali kemampuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis permasalahan sosial ekonomi yang ada di masyarakat, serta mampu mengaplikasikan teori dan prinsip ekonomi yang telah dipelajari dalam menjawab isu-isu ekonomi kontemporer, terutama di sektor energi dan lingkungan.

Keunggulan Program Studi Ilmu Ekonomi Universitas Pertamina adalah sebagai berikut:

  • Memiliki mitra strategis dengan pemerintah dan industri energi sehingga mahasiswa/lulusan mampu menghubungkan prinsip dan teori ekonomi dengan permasalahan energi dan lingkungan yang ada dalam kehidupan sehari-hari.
  • Mahasiswa/lulusan akan memiliki kemampuan dalam mengkaji, menganalisa, mengaplikasikan teori-teori ekonomi serta merumuskan kebijakan strategis khususnya di sektor energi dan lingkungan.
  • Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk dapat lulus dalam waktu 3.5 tahun

Program Studi Ilmu Ekonomi Universitas Pertamina memiliki kompetensi yang khas, dimana keilmuan ekonominya difokuskan pada isu-isu energi dan lingkungan. Dengan sumber daya manusia yang dimilikinya, Program Studi Ilmu Ekonomi Universitas Pertamina memiliki dua kelompok keilmuan, yaitu: Ekonomi Energi dan Lingkungan dan Ekonomi Keuangan Internasional dan Pembangunan.

  • Kelompok keilmuan Ekonomi Energi dan Lingkungan mengembangkan penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang energi, industri dan keekonomian lingkungan sebagai dampak dari aktifitas komersial ekonomi.
  • Kelompok keilmuan Ekonomi Keuangan Internasional dan Pembangunan berkompetensi untuk pengembangan keilmuan, penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang ekonomi keuangan internasional, seperti perdagangan internasional, ekonomi keuangan internasional, serta ekonomi moneter, dan bidang ekonomi pembangunan seperti ekonomi regional, sumber daya manusia, kesehatan, syariah dan kelembagaan (koperasi).

Lulusan Program Studi Ilmu Ekonomi Universitas Pertamina diharapkan dapat bekerja secara profesional di bidang teknologi dan bisnis energi maupun bidang lainnya seperti:

  • Lembaga pemerintahan seperti: Kementerian BUMN (Badan Usaha Milik Negara), Kementerian ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral), Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Bappenas (Badan Perencanaan Nasional), Kementerian Keuangan, dll.
  • Lembaga keuangan perbankan dan non-perbankan.
  • Dosen, peneliti, perencana dan konsultan ekonomi di lembaga-lembaga pendidikan dan penelitian baik di tingkat nasional maupun internasional.
  • Pengusaha yang profesional, berintegritas, dan berwawasan lingkungan.